Sunday, March 22, 2009

Ayo Contreng Sesuai Hatimu..

Pemilu sebentar lagi, tepatnya tanggal 9 April 2009, hari itu seluruh rakyat Indonesia akan merayakan pesta demokari, memilih para calon Legislatif, dan kampanye terbuka sudah dimulai sekitar seminggu lalu sampai Pemilu tiba nanti..dan sampai saat ini berjalan lancar dan damai.

Kalo kita lihat kampanye terbuka juga di lakukan melalui Televisi, pada saat penayangan iklan. Dan tentu saja itu memakan biaya yang tidak sedikit. Tapi mungkin iklan itu paling mempan untuk menjaring suara..Pemerintah juga telah mensosialisasikan pen'contreng'an kertas suara..bukan lagi di 'toblos' seperti 5 tahun lalu, tapi di CONTRENG. Entah apa alasan pemerintah untuk merubah sistem tata cara pemungutan suara itu..

Telah disosialisasikan pula mana kertas suara sah atau tidak sah, cukup contreng sekali tepat di salah satu nama Calegnya, tapi jika dalam mencontreng lebih dari satu, (misal nama Caleg dan Gambar Partai) tetapi dalam satu partai, maka suara itu dianggap sah. Yang tidak sah adalah mencontreng dua kali tapi partainya berbeda dan mencontreng nama Caleg lebih dari satu walaupun dalam partai yang sama.

Beberapa waktu yang lalu aku melihat tayangan televisi, banyak rakyat yang belum tau cara pencontrengan, bahkan ada yang belum jelas Pemilu 2009 tanggal berapa, dan untuk memilih Presiden atau Calon Legislatis. Perlu dijelaskan di sini bahwa Pemilu Legislatif adalah tanggal 9 April 2009, diikuti 44 parpol termasuk 6 partai lokal dari Aceh. Sedangkan Pemilu Presiden tanggal 5 Juli 2009. Dan yang mungkin menjadi Capres adalah Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Sukarnoputri, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Prabowo Subianto, dan Wiranto. Hmm sepertinya ini tugas berat pemerintah kita untuk selalu mensosialisakan Pemilu 2009, agar besok Pemilu 2009 berjalan lancar, dan semoga menghasilkan para pemimpin rakyat yang 'bersih' dan menyayangi rakyatnya..Amin.

0 komentar:

Post a Comment